Another Dwi Nurani



Setelah sejak dulu menyadari kalau kombinasi nama gw memang pasaran, dalam dua tahun terakhir ini gw semakin yakin lagi kalau di dunia ini ternyata gw gak sendirian. Kalau biasanya yg mirip hanya kombinasi/mengandung dua kata nama yg gw miliki spt ..... Dwi Nurani atau Dwi Nurani ....., ternyata yg namanya persis sama juga banyak.

Hal ini gw ketahui karena dua tahun terakhir ini banyak inbox ke e-mail gw dari aktifitas yg tidak gw lakukan. Beberapa inbox memang ada yg wrong addressed, ada juga yg secara nyata salah menggunakan alamat e-mail utk register akun online. Dan yg kedua ini agak menjengkelkan sih.

Jadi gw menemukan alamat e-mail gw digunakan utk registrasi bbrp akun seperti Wattpad, Lazada, Grab, XL Prioritas, Telkom Indiehome, dan yg terakhir adl Traveloka. Banyak yes. Utk Wattpad, XL Prioritas, dan Telkom Indihome gw sama sekali ga menggunakan aplikasi/jasa tsb. Semua akun itu digunakan oleh orang yg bernama sama spt nama gw. Dwi Nurani.

Utk kasus XL Prioritas alhamdulillah udah selesai stlh gw hubungi CSnya. Tapi utk Indihome, walaupun udah berkali2 kirim komplain ke CS (dan udah direspon jg pdhl) masih aja dikirimin invoice bulanan. 🙄 Kalau Wattpad stlh liat profil penggunanya, dan krn ga ada CS yg bisa dihubungi jd mohon maaf langsung gw ambil alih dan delete akun tsb.

Nah, kasus Lazada, Grab, sama Traveloka ini yg bahaya. Bahaya krn gw juga punya akun utk layanan2 tsb. Jadi kerap kali masuk notifikasi ke e-mail gw atas pembelanjaan/pemesanan yg gak gw lakukan. Yg Lazada history belanjanya malah jg masuk ke akun gw klo login. Sedangkan Grab berkali2 masuk receipt perjalanan yg bukan milik gw.

Alhamdulillah CS Lazada cukup responsif dan solutif atas masalah ini, walau alhasil alamat e-mail gw disuspend dan ga bisa dipakai lagi utk e-commerce tsb. Yg sulit ternyata CS Grab. Gw berkali2 menjelaskan masalahnya but they dont get the point. Skrg memang udh ga ada lagi notif2 receipt perjalanan yg bukan milik gw, tapi receipt perjalanan gw pun skrg ga ada lagi (pdhl gw ga nonaktifin fitur tsb).

Kalau kasus Traveloka ini belom lama terjadi. Jd ada email utk OTP Traveloka Pay yg masuk kemarin. Gw baru kepikiran, OTP itu kan one time password yg biasanya digunakan klo mau transaksi. Lhaa hayati perasaan ga pesen apa2. Kalau tiketnya masuk ke email gw atas nama gw si gapapa 😂 (ga juga deng ogah). Yg Traveloka ini blm gw tindaklanjuti krn udah ga pernah pake juga soalnya.

Setelah panjang cerita ttg e-mail gw yg digunakan utk registrasi akun online, yg wrong addressed gak kalah seru juga nih. Awalnya dulu itu gw sering dapet e-mail call for paper dr kampus di Jogja, gw pikir, ooh mungkin ini krn gw pernah ikut kegiatan tertentu kali ya jd e-mail gw masuk db mereka. Makin kesini kok tapi yg masuk bukan cuma call for paper, tp undangan seminar, info penerimaan mhs baru, sampe notulen rapat dan tugas2 kuliah mahasiswa kampus sana juga masuk. 😲

Baique. Sepertinya ada kekeliruan. Setelah gw selidiki ternyata mmg ada another Dwi Nurani yg berpofesi sbg dosen disana. Waktu ada tugas kuliah yg masuk gw pikir harusnya klo tugas ga sampe ke dosennya ya dicek lagi dong alamat email tujuannya. Jadi mohon maaf emg ga gw bales waktu itu wkwkw. Alhamdulillah skrg udah ga pernah ada tugas nyasar lagi sih. Sepertinya mereka sudah sadar. 😄

Sepi dari tugas, kemudian di September lalu datanglah e-mail lain. Kali ini datang dari mahasiswa suatu kampus di Lampung. Mahasiswa tersebut meminta info ttg jurnal milik Ibu Dwi Nurani dr Jogja tadi utk kepentingan penelitiannya. Hmm... dipikir2 klo yg ini ga segera direspon kasian jg nanti penelitiannya malah terhambat. Akhirnya gw jawablah klo e-mail yg ditujukannya tsb salah alamat.

Begitulah. Ternyata cukup banyak Dwi Nurani di luar sana. Dari kasus2 tadi gw bisa sedikit mempelajari ttg profil mereka. Dari domisili gw liat ada yg dr Sumatera Utara, Tangerang, Bekasi, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta. Sedangkan profesinya ada yg karyawan swasta, dosen, ibu rumah tangga, wiraswasta, juga ada yg pelajar remaja.

Penyalahgunaan e-mail utk registrasi akun walau agak merepotkan (dan kemungkinan bisa merugikan gw di masa mendatang) tp langkah pertama yg akan gw lakukan adl menghubungi si penyedia layanan. Krn bgmnpun jg satu e-mail bisa terdaftar lebih dr satu kali (dan tanpa ada verifikasi akun) adl sebuah kesalahan yg harus mereka perbaiki.

Dan utk teman2 another Dwi Nurani, sy harap bisa lebih berhati-hati dan tidak asal menggunakan e-mail yg bukan milik kalian ya. Karena alamat e-mail yg kalian gunakan itu punya saya. Mohon gunakan kombinasi nama yg lain, okay. Oiya, nice to know you all, baidewey! 🙋‍♀️

#30haribercerita #30HBC19 #30HBC1907

Comments

Popular posts from this blog

Mind Mapping

One Way to Stay Sane

dont remind me