Telematika
A.
Pengertian
Telematika
adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika, merupakan merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya
adalah Telematique yang kurang lebih
dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi. Berikut adalah pengertian Telematika menurut beberapa sumber:
- Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” yang dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe.
- Telematika menurut pengantar MK. Hukum Telematika FH UI ialah istilah yang merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.
- Telematika menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia. Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika.
- Mengacu kepada penggunaan dikalangan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL): Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.
- Secara umum, istilah Telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
- Secara lebih spesifik, istilah Telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
B.
Penjelasan
Jika
diilihat dari beberapa pengertian diatas, dapat diartikan bahwa telematika
adalah sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang
lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer
dalam sistem telekomunikasi. Telematika ada yang bersifat umum (online) dan ada pula yang hanya untuk
lingkungan kelompok tertentu (intranet).
C.
Kelebihan
dan Kekurangan
1) Kelebihan
Telematika
banyak diterapkan di bidang pendidikan dan bisnis, manfaatnya antara lain:
1. Mengurangi
biaya pembangunan sebuah kelas, menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan.
2. Mudah
dicapai yaitu dengan menggunakan aplikasi e-learning dimanapun selama pengguna terhubung dengan internet maka
mampu mengikuti kegiatan belajar.
3. Pengalaman
sistem belajar dimana siswa akan mandiri dan berusaha memilih sendiri peralatan
yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, serta pengumpulan
materi-materi yang digunakan untuk menunjang kebutuhan kegiatan belajar.
4. Berubahnya
peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.
5. Dalam e-Business internet secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam
berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
6. Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja
pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
7. Dalam bidang kesehatan dan juga
pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat
luas.
8. Telematika cukup memberi warna
tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya
sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka
Indonesia tak ketinggalan dalam booming
perdagangan elektronis / electronic
commerce (e-commerce).
9. Pembangunan sektor Telematika
diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana
diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan
bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor
telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar
3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada,
Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
10. Sebagai core bisnis industry,
perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan
2) Kekurangan
Disamping
memiliki banyak kelebihan, dalam penerapan telematika juga terdapat kekurangan
antara lain yaitu:
1. Kurangnya
interaksi antara pengajar dan siswa bahkan antara siswa itu sendiri.
2. Siswa
yang tidak memiliki motivasi dalam belajar akan cenderung gagal.
3. Kurangnya
pemahaman beberapa peserta didik maupun pengajar dalam penguasaan Bahasa
komputer.
4. Tidak
semua tempat tersedia internet
5.
Tindakan
kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan
yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data
kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat
menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
6.
Penyebaran
virus atau malicious ware fraud atau
penipuan yang menggunakan electronic mail
sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
7.
Kejahatan
Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini
adalah human trafficking,
penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
8.
Kejahatan
telematika merugikan individu, misal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400
data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan
menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
9.
Kejahatan
telematika merugikan perusahaan atau organisasi. Pada tahun 1995, Julio Cesar
Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di
Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
10. Kejahatan telematika merugikan negara, misalnya: serangan yang
paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementerian keuangan Romania pada tahun
1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini
dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak
pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.
D.
Saran
Penerapan telematika
sangat berguna di berbagai bidang antara lain dalam bidang administrasi
pemerintahan (e-government),
transaksi perdagangan (e-commerce)
dan pendidikan jarak jauh dengan media internet (e-learning). Penggunaan yang tepat guna mampu memaksimalkan peran
dari telematika tersebut. Perkembangan
telematika di Indonesia saat ini cukup mengalami peningkatan, sejalan dengan
inovasi teknologi yang terjadi. Prospek ke masa depan, telematika di Indonesia
memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun
pemberdayaan sumber daya manusianya.------------------------------------------------------------------------------
Referensi
Comments