Oct 21, 2012

Chickenstrip by Niwatori

Hari minggu sekitar sebulan yang lalu, ketika selesai mengikuti dua orang teman (Ana dan Septi) yang sedang latihan biola di area Taman Suropati, gue dan Ana (Septi nya udah mencar duluan ada janji ama temen cowoknya,,) melanjutkan perjalanan ke toko buku di wilayah Matraman. Mungkin memang udah hobi kami dari dulu ya, main-main ke toko buku tuh kayaknya emang selalu jadi tujuan utama kalo lagi jalan bareng (selain nongkrong di tempat makan,, hehe,,).

"Mo kemana lagi nih kita?"
"Hmm.... Gramed aja yuk,, :D"
"Yuk!"

Cuusss.... setelah melewati berbagai macam halang rintang macet dan padetnya kota Jakarta yang waktu itu lagi bener-bener dibikin chaos sama massa kampanye nya calon Gubernur Jakarta dengan atribut khas kotak-kotaknya, nyampe jugak deh kita di Gramedia Matraman. (fuuiihhh.... akhirnya ketemu titik juga ini kalimat --")

Sampe sana kita langsung deh tuh muter-muter kesana kemari baca ini baca itu. Kesana emang ga lagi nyari buku apa-apa sih, jadinya kita emang ga beli buku sama sekali. Naaah... justru pas mau pulang kan ceritanya kita sholat dulu tuh, sampe basement ternyata ada sale gitu. Setelah sholat kita liat-liat lagi disana, eh trus si Ana nemu buku ini deh,, Ini comicstrip, dan doi udah pernah baca, dan kalo komik itu gue suka! :D Yaa... udah gue beli aja tuh, beserta beberapa buku ringan lainnya,, (yang ini harganya cuma 10.000 boo... ^^).


Chickenstrip - Why Did The Chicken Browse The Social Media?



Buku ini konsepnya comicstrip, dan karena karakter si komiknya itu adalah ayam, jadi deh namanya chickenstrip,, :)) Si chickenstrip ini tadinya merupakan comicstrip online yang mengangkat topik sekitar dunia IT dan kejadian sehari-hari (btw, si penulisnya (Niwatori) emang anak IT juga gitu makanya dia ngebahasnya septuar dunia IT). Gue juga belom kenal-kenal amat sih sama si ayam ini. Makanya sekarang kita coba cari tau yuk,, :D

Chickenstrip
Chickenstrip adalah comicstrip online yang mengangkat tema seputar IT dan topik keseharian. Topik yang dibahas bisa merupakan isu IT nasional maupun global, topik seputar opensource, isu terbaru di blogosphere hingga kejadian ringan yang dialami sehari-hari.
Latar Belakang
Berawal dari karakter chicken boy yang menjadi header dan ilustrasi blog Diki a.k.a Niwatori. Karena ingin ngeblog dengan lebih bebas dan tidak terbiasa menulis panjang lebar, dibuatlah suatu karakter baru yang tersembunyi di balik kostum ayam dengan format comicstrip yang dipasangkan dengan postingan-postingan blog singkat.
Free and Open Source Software
Comicstrip ini sendiri merupakan lanjutan hobi Niwatori yang mencoba gaya gambar yang murni digital (hanya menggunakan mouse dan perangkat lunak grafis, tanpa alat konvensional seperti pensil, pena dan kertas). Awalnya sebenarnya karena tidak memiliki scanner untuk memindahkan gambar manual tapi lama kelamaan menjadi kebiasaan. Hingga akhirnya Niwatori berkenalan dengan dunia opensource dan semakin lekat dengan perangkat lunak grafis berbasis opensource seperti Inkscape dan GIMP. Selanjutnya chickenstrip diharapkan bisa menjadi contoh nyata bahwa perangkat lunak grafis berbasis opensource juga dapat digunakan untuk berkarya dan memproduksi karya grafis pop-culture seperti komik.

Karakter Chickenstrip



Si Ayam
Seorang web developer yang selalu berkostum ayam. Agak cuek dan moody berat. Sangat antusias terhadap dunia teknologi informasi terutamanya bidang linux dan opensource.
Anonymous
Terlihat di komik hanya sebagai monitor komputer (atau terkadang notebook), bisa siapa saja… teman chatting si Ayam. Bertendensi menjadi wise character dan pelontar topik.
Si BossPimpinan perusahaan tempat si ayam bekerja, sebuah perusahaan IT kecil. Kadang bijak, sabar dan ketat menjalankan fungsi manajerial perusahaan… tapi terkadang ikut-ikutan kelakuan anak buahnya yang kebanyakan minus.
Dadan Bulu a.k.a JabrikByte
Ahli networking dan hacker teladan yang ngefans terhadap notebook buah-buahan ini adalah administrator andalan perusahaan. Perutnya agak “buncit tidak terlatih”, selalu berkupluk, penuh bulu dan jarang mandi, tipikal ayah muda generasi MTV akhir 90-an yang anti kemapanan.
Boy Suresh
Programmer expatriat rese dari India, penggila gadget dan lebih pro kepada produk-produk propietary, necis, perfeksionis, tapi sok tahu.. tipikal tokoh antagonis sejati. Namun dia memiliki banyak fans di dunia online yang akrab memanggilnya, Hi Boy!™ (Tidak, tidak… dia tidak ada hubungannya dengan Dr. Suresh yang di serial Heroes ituh.)

Gimanaaa... udah kenal yaa ama si ayam inih? Sekarang kita liat beberapa chickenstrip nya yuk! Kocak-kocak deh. :))

Twitter, Facebook & Intelijen



“Target kita jam 8.00 sarapan, 13.00 belanja, 16.00 jogging, 22.00 tidur.”

“Bagus! Kamu mengawasi dia 24 jam ya?”

“Nggak Dan. Saya follow Facebook & Twitter dia aja.”

“…”

Samsung Galaxy Note II




Itu aja kali ya gue kasih contohnya... Kalo mau liat yang lain yang kocak-kocak liat langsung aja di web atau wordpress nya Niwatori, okaayy... Berhubung udah malem dan besok adalah hari Senin, itu berarti kita sebaiknya cepet-cepet tidur biar gak kesiangan (halah mainstream banget xD). Yasudah, dadaaah..... selamat ber-chickenstrip-ria!

Cheers! :)

-----------------------------
References:
http://chickenstrip.org/
http://chickenstrip.wordpress.com/
http://www.goodreads.com/book/show/8031232-chickenstrip

1 comment:

ana said...

suka juga du? nice! :)