Jan 8, 2013

Suicide Song; Gloomy Sunday

Gloomy..
Gloomy sunday...

Hiiyy, belom apa-apa udah horor aja itu liriknya. Iya, udah tau kan sama lagu Gloomy Sunday itu? Yang sering disebut sebagai suicide song a.k.a. lagu bunuh diri. Waktu pertama denger judul lagu ini tuh dari siapa gw lupa, atau mungkin pernah ga sengaja baca ulasannya di portal komunitas terbesar punya negeri sendiri (oke, sebut sajalah kaskus,, hehe)

Gloomy Sunday. Lagu ini emang kayanya pas banget didengerin kalo lagi desperate. Dengan musiknya yang dramatis dan liriknya yang cadas abis (lagu metal kaleee pake cadas xD) kondisi hati yang bahasa hitsnya sekarang tuh sedang galau, mungkin bisa makin terbawa sama lirik lagu ini. Gue sengaja ga menyertakan audionya disini, soalnya horor banget :| (terlebih lagi ini gw bikin postingan di tengah malem sunyi senyap begini. :|) Terakhir yang pernah gw denger itu versinya Sarah McLachlan. Dan itu lagu, horornyaaa minta ampun. Suaranya Sarah itu yang menggema-gema bikin makin berasa pedihnya lagu ini. Lebih merinding lagi denger yang versi rekaman lawasnya tapi.

Weits, anyway, tau gak kalau lagu ini ada kisah tragisnya? Lagu ini dianggap sebagai semacam penyebab orang-orang bunuh diri. Jadi dalam beberapa kasus ketika
ada korban bunuh diri disana, di Hungaria, terdapat sisa-sisa jejak lagu ini. Entah itu liriknya di atas kertas, atau lagunya yang mengalun disaat/sebelum peristiwa terjadi. Atas kejadian-kejadian ini pemerintah Hungaria sampai melarang lagu Gloomy Sunday tersebut diputar di tempat-tempat umum untuk mencegah terjadinya bunuh diri lagi.

Waktu iseng mengubek-ubek informasi apa lagi yang si mbah gugel punya, gw nemu salah satu tulisan ini. Isinya tentang sejarah si suicide song ini. Mangga dibaca atuh biar tau,, :D

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin untuk sebagian orang kata-kata ini sudah tidak asing lagi dan sudah agak basi. Yap! kata-kata ini adalah lagu melankolis yang sempat menggemparkan pemerintah Hungaria beberapa waktu lalu. Kenapa tidak? lagu ini bahkan dikenal sebagai lagu bunuh diri bagi kebanyakan orang. Namun, saya kira mengulasnya ulang tidak ada salahnya dan mungkin masih banyak yang belum tahu.

Ok, baiklah… lagu ini bukan lagu heavy metal seperti kebanyakan yang kata-katanya kasar dan berisi sumpah serapah.  Irama lagu ini lembut untuk didengar. Masalahnya adalah, banyak orang yang telah membunuh dirinya sendiri bertepatan dengan dimainkannya lagu ini.

Judul asli lagi ini adalah Szomorú Vasárnap atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan sebagai Hari Minggu yang kelam. Syair lagu ini diambil dari puisi seorang pujangga Lazlo Javor yang diciptakan pada tahun 1933 dan digubah oleh Rezső Seress yang berkebangsaan Hungaria. Lagu ini bercerita mengenai seseorang yang bunuh diri karena ditinggal mati kekasihnya. Dan mengejutkannya lagi, setelah lagu ini dirilis, kekasih Lazlo mencabut nyawanya dengan surat yang berbunyi “gloomy sunday”.
Berikut liriknya dalam bahasa Hungaria :

Szomorú Vasárnap
Szomorú vasárnap száz fehér virággal
Vártalak kedvesem templomi imával
Álmokat kergető vasárnap délelőtt
Bánatom hintaja nélküled visszajött
Azóta szomorú mindig a vasárnap
Könny csak az italom kenyerem a bánat…
Szomorú vasárnap
Utolsó vasárnap kedvesem gyere el
Pap is lesz, koporsó, ravatal, gyászlepel
Akkor is virág vár, virág és - koporsó
Virágos fák alatt utam az utolsó
Nyitva lesz szemem hogy még egyszer lássalak
Ne félj a szememtől holtan is áldalak…
Utolsó vasárnap
— László Jávor original Hungarian version

yang dalam bahasa inggris adalah seperti berikut :

Gloomy Sunday
Gloomy Sunday with a hundred white flowers
I was waiting for you my dearest with a prayer
A Sunday morning, chasing after my dreams
The carriage of my sorrow returned to me without you
It is since then that my Sundays have been forever sad
Tears my only drink, the sorrow my bread…

Gloomy Sunday
This last Sunday, my darling please come to me
There’ll be a priest, a coffin, a catafalque and a winding-sheet
There’ll be flowers for you, flowers and a coffin
Under the blossoming trees it will be my last journey
My eyes will be open, so that I could see you for a last time
Don’t be afraid of my eyes, I’m blessing you even in my death…
The last Sunday

Tidak lama kemudian, muncul kasus bunuh diri yang tidak bisa dibilang sedikit. Tidak lama setelah kematian kekasih Lazlo, seorang pegawai negeri Hungaria menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup diatas lirik Gloomy Sunday.

Selain itu, terjadi percobaan bunuh diri yang dilakukan seorang gadis. Ketika terpergok, mengalun lagu Gloomy sunday. Kondisi menjadi tidak terkendali, pemerintah Hungaria pun melarang pemutaran lagu ini di tempat-tempat umum. Lagu ini disalahkan karena kasus bunuh diri meningkat. namun, ketenaran lagu ini sudah mencapai negara-negara lain.  akhirnya, lagu ini sedikit diubah oleh pemerintah Amerika (kalo saya tidak salah-lupa2 ingat.), berikut lirik yang sudah banyak dinyanyikan :

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy

the hours are slumberless
dearest the shadows
live with are numberless

Little white flowers

will never awaken you,
not where the dark coach
of sorrow has taken you

Angels have no thought

of ever returning you
would they be angry
if I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy Sunday
with shadows I spend it all
my heart and I
have decided to end it all

Soon there’ll be prayers

and candles are lit, I know
let them not weep
let them know, that I’m glad to go

Death is a dream

for in death I’m caressing you
with the last breath of my soul
I’ll be blessing you

Gloomy Sunday


Dreaming, I was only dreaming

I wake and I find you asleep
on deep in my heart, dear

Darling, I hope

that my dream hasn’t haunted you
my heart is telling you
how much I wanted you

Gloomy Sunday


masih ada beberapa kasus lainnya, yaitu sekitar 200 kasus bunuh diri di seluruh dunia yang diperkirakan berhubungan dengan lagu ini. Banyak penyanyi terkenal yang sudah banyak menyanyikan lagu ini seperti Bjork, Portishead, Sarah Brightman, Sarah McLahlan, yang masih banyak lagi. Namun, versi yang paling terkenal dari lagu ini adalah versi yang dinyanyikan oleh Billie Holliday pada tahun 1941.

Namun, Rezso, penggubah lagu ini mengklaim bahwa melejitnya lagu ini membuatnya menjadi sangat sedih karena ia berpikir bahwa ia tidak akan pernah membuat lagu lainnya yang akan setenar ini. Maka  pada tahun 1968, ia bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 8 sebuah gedung di Budapest. Namun, ia masih bertahan setelah kejadian ini, dan akhirnya ia meninggal karena bunuh diri dengan cara menyekik dirinya menggunakan kawat hingga meninggal. Kemudian, lagu ini tidak lagi terkenal karena pada zaman Adolf Hitler, versi lagu ini dimusnahkan. Setelah itu, lagu ini dilarang keras untuk disiarkan.

begitulah cerita seputar lagu Gloomy Sunday, memang lagu ini tidak se’melegenda’ lagu lainnya seperti lagu bohemian rhapsody atau the sound of the silence, namun efeknya telah dicatat oleh sejarah sehingga lagu ini dikenal sebagai suicide song atau death song mengalahkan lagu2 heavy metal lainnya.

saya juga kurang mengerti efeknya sebesar ini (kalau memang benar karena pelejitan jumlah bunuh diri dikarenakan lagu ini), tetapi memang lagu yang kita dengarkan sehari-hari sangat memengaruhi kinerja otak yang kemudian menjadi tindakan manusia, baik lirik dan iramanya.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hmm... ulasan dari kompasiana tadi bener banget tuh pas kalimat terakhirnya.
...lagu yang kita dengarkan sehari-hari sangat memengaruhi kinerja otak yang kemudian menjadi tindakan manusia, baik lirik dan iramanya.
Memang bener banget itu. Makanya, kalo dengerin lagu jangan yang liriknya galau-galau melulu dong ya. Pantesan aja jadi galau mulu. Hahaha,, :))

Okay thats enough. Gotogo to bed.
Oyasuminasai, people! :)

References:
http://sejarah.kompasiana.com/2011/02/09/gloomy-sunday-death-song/
http://7vv0h.blogspot.com/2009/06/lagu-kematian-gloomy-sunday.html

No comments: