Feb 18, 2012

Pentingnya Rasa Humor

Udah lumayan lama gak buka akun tumblr, eh, pas selesai log in dan nyampe dashboard ada tulisan bagus nih dari salah satu tumblelogger. Isi tulisannya tentang pentingnya punya rasa humor. Buat yang merasa kurang humorous, kudu baca ini dah biar bisa tau manfaatnya. :))


Humor itu Penting
Assalamu’alaikum… Dari suatu artikel yang saya baca pagi dini hari ini, ternyata humor itu penting lho. Kenapa? Coba bayangkan kalau di dunia ini semuanya serius dan tidak ada yang membuat bibir ini mengeluarkan senyuman, apa jadinya? Madesu, kan yah? :)) Penelitian membuktikan bahwa humor memberi banyak manfaat bagi orang yang melontarkannya, maupun orang-orang di sekitarnya.  Humor meningkatkan kebahagiaan dan membuat hubungan dengan sekeliling lebih dekat.  Humor juga berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan fisik, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menghilangkan rasa sakit dan melindungi seseorang terhadap stres. Beberapa pengaruh positif humor antara lain :
  • Membuat tubuh, terutama otot-otot yang awalnya tegang menjadi lebih relaks.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengurangi hormon yang muncul akibat stress yang berlebihan.  Hal ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh melawan penyakit.
  • Tertawa dapat melepaskan hormon endorphin yang membuat tubuh merasa nyaman dan menghilangkan rasa sakit sementara.
  • Banyak tertawa karena humor dapat melindungi jantung, karena meningkatkan peredaran darah yang mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung dan masalah-masalah kardiovaskular lainnya.
  • Humor akan menghilangkan perasaan tegang, kemarahan dan kesedihan.
  • Humor membuat kita melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda.  Kita dapat melihat permasalahan dengan lebih realistis dan tidak terlalu menakutkan.
Beberapa cara untuk melihat sesuatu dari kaca mata humor dan menularkannya pada orang lain, antara lain:
  • Menertawakan diri sendiri.  Berpikir kontemplatif dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melihat sisi humor dari berbagai kejadian yang Anda alami sendiri dan menertawakannya. Setelah itu bagilah kisah Anda pada orang-orang terdekat untuk melihat reaksi mereka.  Tentu Anda dapat menyaring kisah-kisah yang dapat dibagi bersama, atau yang kita simpan untuk diri sendiri dengan lebih bijaksana.
  • Setiap ditimpa suatu masalah, cobalah melihatnya dari kacamata humor.  Hal ini dapat merubah perspektif kita terhadap masalah yang ada.
  • Coba kelilingi diri Anda dengan pengingat yang dapat meningkatkan mood Anda kearah yang lebih positif dan menyenangkan.  Misalnya lengkapi wallpaper laptop kata-kata atau gambar yang lucu, pasang boneka yang imut di meja kerja Anda dengan tulisan yang menggemaskan, atau pasang foto-foto keluarga atau bersama teman-teman saat sedang melakukan hal yang menyenangkan bersama.
  • Terutama saat berhubungan dengan anak-anak, cobalah seimbangkan hal-hal yang serius dengan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama. Misalnya dengan sering-sering melontarkan humor, melakukan permainan yang menyenangkan bersama atau saling bergurau. Sehingga anak-anak dapat mengingat bahwa keluarganya adalah keluarga yang menyenangkan, dan tempat ‘pelarian’ yang aman jika mereka tertimpa suatu masalah di sekolah atau dimana saja. 
image
Jujur nih, sekalinya saya ndak mengeluarkan senyuman atau membuat kelucuan di satu hari maka yang ada hanyalah kemuraman dan kebosanan yang akhirnya menemani hari itu. Jadi, pentingkah humor itu bagi kamu? :D
image
Salam senyum :) Wassalamu’alaikum… erpa - 26-03-1433 / 18-02-2012 - 07.00 - JKT

Naah.... gimana? Udah tau pentingnya rasa humor kan? Manfaatnya tuh dahsyat banget ya ternyata, sodara-sodara.  Jadi, mari kita tebarkan rasa humor disekeliling kita. Huahahaha......... :)) *mulai gaje*
Eh, tapi humornya yang positif ya. Jangan humor-humor kasar yang mengandung kekerasan, kayak yang lagi nge-trend di tv itu tuh. -____-"

No comments: