Oct 7, 2012

SiMBA

Heeeiii..... kangen juga deh posting di blog. ><

Oke, entah kenapa akhir-akhir ini gue menjadi semakin kalem (baca: pendiam) akibat suasana hati yang mudah berubah-ubah dan nggak menentu. :| Kita semua juga udah tau lah yaa... masalah soal hati mah emang kadang-kadang susah didefinisikan. Mungkin sebenernya ada yang bikin gue gak nyaman, tapi gue sendiri juga belum tau itu apa (mulai dah ini ngalor ngidul). Sudahlah.

Oh ya, tadi siang baru aja dari kantor gw (tempat gue kerja maksutnya :p) selesai mengadakan pelatihan penggunaan sebuah aplikasi untuk operatornya nanti. Nama aplikasinya itu adalah
 SiMBA. It stands for Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (nah, now you know where i worked in. Yes, i'm an amil zakat :]). Apa sih SiMBA itu? Yuk, kita kenalan dulu yuukk,, :D 


Tentang SiMBA

SiMBA merupakan sebuah sistem yang dibangun dan dikembangkan untuk keperluan penyimpanan data dan informasi yang dimiliki oleh BAZNAS secara nasional. Selain itu SiMBA juga dilengkapi dengan fitur pencetakan pelaporan yang meliputi ~33 jenis laporan yang berbeda. Dengan berbasiskan web, aplikasi yang memiliki kepanjangan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS ini adalah sistem yang tersentralisasi sehingga dapat digunakan oleh seluruh badan atau lembaga zakat diseluruh nusantara tanpa harus melewati proses instalasi yang rumit.


Fitur

Beberapa fitur yang dimiliki SiMBA adalah:
  • Penghimpunan Dana Zakat dan Infak / Sedekah
  • Penyaluran dan Penggunaan Dana Zakat dan Infak / Sedekah
  • Pencatatan Aset (termasuk aset kelolaan)
  • Mencetak Bukti Setor Zakat
  • Menerbitkan Kartu NPWZ
  • Manajemen Anggaran
  • Mencetak 89 jenis laporan yang standard

Preview

Homepage Aplikasi SiMBA

Naaah.... gimana udah kenal dikit kan? Yaa gapapa dikit aja dulu jangan banyak-banyak. Lagian juga ini kan buat informasi aja sih. :p

Jadi, kemarin itu pelatihannya dimulai dari hari Rabu tanggal 3 sampe Sabtu 6 Oktober 2012 di Cikini. Lumayan panjang juga yaaa waktunya.... pasti pesertanya pada mabok juga tuh ikut kalo full ikut pelatihannya. Ditambah lagi materinya menyinggung soal kode-kode akuntansi yang isinya angka, angka, dan angkaaa melulu. Padahal cuma sebagian kecil aja pesertanya yang basic pendidikannya akuntansi. Hihihih,, Tapi untung aplikasi ini user friendly banget. Jadi nanti si user cuma tinggal melakukan pencatatan data aja, gak perlu pusing-pusing bikin jurnal dan pelaporan-pelaporan secara manual. Tinggal pilih menu Laporan, klik jenis laporan apa yang mau dibuat, trus pilih periodenya, langsung muncul deh laporannya. Keren, huh? Ya iyalaaah..... yang bikinnya emang pada keren-keren sii.... Siang malem banting tulang berbulan-bulan bikin aplikasi ini sampe lupa makan lupa tidur (peace ya pak bos! :]) hampir tiap hari gak henti-hentinya brainstorming sama orang-orang akuntansi, keuangan, penghimpunan, penyaluran, and bla bla bla. Belum lagi harus mempelajari soal fikih-fikih mengenai zakatnya. Ditambah lagi aplikasi ini dibuat untuk mengcover pencatatan aktivitas penghimpunan/penyaluran seluruh BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia sehingga semua datanya terintegrasi. Top markotop deh emang... :thumb up:

Sepertinya segitu aja bisa gw ceritain (dan yang bisa gw rangkai kalimatnya yang pasti! I'm a bad story teller, yes!). Status sistem aplikasi ini pun kini masih terus dilakukan pengembangan oleh para ahlinya. Semoga dengan adanya aplikasi ini data muzaki [1], mustahik [2], total penghimpunan, total penyaluran, dan potensi dana zakat nasional dapat tersaji dengan valid nantinya. Aaamiiin.....

Good nite, pals. Wasalam. :)

--------------------------------------------------------------

[1] Muzaki :  n Isl orang yg (wajib) membayar zakat
[2] Mustahik :  n orang yg berhak menerima zakat

Reference :
http://simba.baznas.go.id/produk/
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

No comments: