Oct 13, 2012

Teori Organisasi Umum - Tugas 1

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi?
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses ?



  • Organisasi sebagai Proses 

Maksud organisasi sebagai proses adalah dimana ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidak hanya sebagai catatan saja, melainkan akan diproses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide-ide yang telah dikumpulkan dalam wadah tersebut.

  • Organisasi sebagai Wadah

Maksud organisasi sebagai wadah adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan. Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah.

3. Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya?

  • Organisasi formal
Organisasi formal/resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Contoh organisasi formal adalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas.

  • Organisasi informal

Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama.

4. Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal?
Pengalaman pertama kali saya di dalam organisasi formal adalah ketika lulus SMK dan mulai memasuki dunia kerja. Pada periode satu tahun itu saya melakukan praktek kerja lapangan (magang) di dua perusahaan yang berbeda, yang pertama adalah sebuah perusahaan service  center resmi produk Nokia dan selanjutnya saya meneruskan magang di sebuah perusahaan penyedia layanan internet (Internet Service Provider). Setelah magang saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang advertising/EO. Disini saya dan rekan yang lainnya bekerja sebagai sebuah tim. Dalam bidang ini biasanya perusahaan mencari project iklan/acara dengan sistem mengikuti bidding/tender (lelang) yang diselenggarakan oleh kementerian maupun BUMN lainnya. Dalam proses ini saya dan rekan-rekan bertugas untuk mendaftarkan, menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan mengikuti tender, hingga menyusun dokumen teknis dan penawaran harga untuk mengikuti tender tersebut. Sebagai perusahaan penyelenggara event (event organizer) kami semua dituntut untuk mampu bekerja cepat dan kreatif.

No comments: