Sep 25, 2015

Telematika

A.    Pengertian
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika, merupakan merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah Telematique yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Berikut adalah pengertian Telematika menurut beberapa sumber:

  1. Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu “Telematique” yang dipopulerkan pertama kali pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe.
  2. Telematika menurut pengantar MK. Hukum Telematika FH UI ialah istilah yang merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan digital atau the net.
  3. Telematika menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia. Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika.
  4. Mengacu kepada penggunaan dikalangan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL): Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.
  5. Secara umum, istilah Telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  6.  Secara lebih spesifik, istilah Telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).


B.     Penjelasan
Jika diilihat dari beberapa pengertian diatas, dapat diartikan bahwa telematika adalah sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Telematika ada yang bersifat umum (online) dan ada pula yang hanya untuk lingkungan kelompok tertentu (intranet).

C.     Kelebihan dan Kekurangan
            1)     Kelebihan
      Telematika banyak diterapkan di bidang pendidikan dan bisnis, manfaatnya antara lain:
1.     Mengurangi biaya pembangunan sebuah kelas, menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan.
2.     Mudah dicapai yaitu dengan menggunakan aplikasi e-learning dimanapun selama pengguna terhubung dengan internet maka mampu mengikuti kegiatan belajar.
3.     Pengalaman sistem belajar dimana siswa akan mandiri dan berusaha memilih sendiri peralatan yang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, serta pengumpulan materi-materi yang digunakan untuk menunjang kebutuhan kegiatan belajar.
4.     Berubahnya peran siswa dari yang pasif menjadi aktif.
5.     Dalam e-Business internet secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
6.     Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
7.     Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
8.     Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
9.     Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
10.  Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan

             2)     Kekurangan
     Disamping memiliki banyak kelebihan, dalam penerapan telematika juga terdapat kekurangan antara lain yaitu:
1.     Kurangnya interaksi antara pengajar dan siswa bahkan antara siswa itu sendiri.
2.     Siswa yang tidak memiliki motivasi dalam belajar akan cenderung gagal.
3.     Kurangnya pemahaman beberapa peserta didik maupun pengajar dalam penguasaan Bahasa komputer.
4.     Tidak semua tempat tersedia internet
5.     Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
6.     Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
7.     Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
8.     Kejahatan telematika merugikan individu, misal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
9.     Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi. Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
10.  Kejahatan telematika merugikan negara, misalnya: serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementerian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.

D.     Saran
Penerapan telematika sangat berguna di berbagai bidang antara lain dalam bidang administrasi pemerintahan (e-government), transaksi perdagangan (e-commerce) dan pendidikan jarak jauh dengan media internet (e-learning). Penggunaan yang tepat guna mampu memaksimalkan peran dari telematika tersebut. Perkembangan telematika di Indonesia saat ini cukup mengalami peningkatan, sejalan dengan inovasi teknologi yang terjadi. Prospek ke masa depan, telematika di Indonesia memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.


------------------------------------------------------------------------------
Referensi


No comments: